Bupati Tegal Terima Mobil Bioskop Keliling - Website Sekretariat Daerah Bupati Tegal Terima Mobil Bioskop Keliling – Website Sekretariat Daerah

22 Januari 2017

Posted in Berita Utama
Posted on: Januari 22nd, 2017 Oleh master

Setelah menerima bantuanmobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional yang diserahterimakan oleh Wakil Bupati Tegal, Dra. Umi Azizah, belum lama ini, Kabupaten Tegal juga menerima bantuan satu unit mobil yang difungsikan sebagai bioskop keliling (bioling) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang diserahterimakan kepada Bupati Tegal Enthus Susmono, Sabtu (21/1) di rumah dinas bupati oleh Sekretaris Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nono Adya Supriyatno.

Acara serah terima tersebut didisaksikan juga oleh Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih dan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Tegal Sutarmadji. Mobil senilai Rp 900 juta dilengkapi berbagai alat untuk memutar film, yaitu layar, proyektor, sound system, genset, dan sejumlah perlengkapan lain. ”Perkembangan zaman makin maju, tapi juga diikuti pergeseran nilai. Dengan adaya mobil bioskop keliling ini, nilai yang ada dalam film dapat kita internalisasikan, agar tidak terdegradasi secara ekstrem. Mobil bioskop keliling ini juga dimanfaatkan untuk melestarikan budaya.” Nono menyebutkan, mobil bioling ini dilengkapi dengan 25 film yang telah dibeli copyright-nya.

Nono Adya Supriyatno mengatakan bahwa bantuan mobil bioskop keliling diberikan agar anak-anak di daerah bisa turut menyaksikan film-film bermutu. Selain itu, sebagai sarana memberikan pendidikan karakter kepada masyarakat lewat film-film yang sarat nilai edukasi.Menurut dia, bantuan mobil bioling mulai diberikan Kemendikbud sejak akhir 2012. Hingga 2016 tercatat 105 kabupaten/kota yang mendapat bantuan tersebut, termasuk Kabupaten Tegal. ”Mudah-mudahan lebih banyak lagi daerah yang mendapatkannya. Target kami seluruh kabupaten/kota dapat, diutamakan daerah pelosok, seperti Kabupaten Tegal yang wilayahnya luas,” sebutnya.

Pada acara itu, Bupati Tegal Enthus Susmono mengatakan bahwapengoperasian mobil bioskop keliling menjadi tanggung jawab Bagian Humas dan Protokol Pemkab Tegal “Yang jelas bantuan ini dimanfaatkan untuk memajukan dunia pendidikan, terutama pendidikan akhlak pada anak-anak.” lanjutnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih mengatakan bahwa  selama 2016 Pemkab Tegal memperoleh bantuan dua unit mobil, terdiri atas satu unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional dan satu unit mobil bioskop keliling dari Kemendikbud yang diserahterimakan kepada Bupati Tegal Enthus Susmono, Sabtu (21/1).”Pada 27 Desember 2016 proses pengajuan proposal sudah dilalui dan 21 Januari 2017 bantuan ini diserahkan,” ujar Fikri.

Comments

comments