Bupati Enthus Susmono Panen Raya Bersama Petani Desa Karangmulya Bojong - Website Sekretariat Daerah Bupati Enthus Susmono Panen Raya Bersama Petani Desa Karangmulya Bojong – Website Sekretariat Daerah

9 Februari 2017

Posted in Berita Utama
Posted on: Februari 9th, 2017 Oleh master

Meskipun gerimis hujan, Kamis (9/2) Bupati Tegal didampingi pimpinan BI Cabang Tegal, BRI  dan Bank Jateng Cabang Slawi melakukan panen raya bawang merah di Dukuh Karangdawa Desa Karangmulya Kecamatan Bojong. Turut hadir pula Kepala dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Bojong.

Camat Bojong, Mukhtarom, SIP, mengaku senang karena Bupati Tegal berkenan untuk melihat sekaligus memanen bawang merah bersama para petani di wilayahnya. Mukhtarom juga melaporkan bahwa dalam musim hujan ini, desa-desa di Kecamatan Bojong dalam kondisi yang kondusif. Berkaitan dengan panen raya bawang merah, Camat Bojong menjelaskan tahun ini hasilnya sangat menggebirakan. “Untuk tahun ini hasil panen bawang merah kurang lebih 19,3 Ton” ujar Mukhtarom.

Sementara itu, Bupati Tegal dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Tegal sebagai salah satu kabupaten sentra produksi bawang merah dimana sentra bawang merah sebagian besar berada di daerah dataran rendah yaitu di wilayah Kecamatan Adiwerna, Dukuhturi, Kramat, Suradadi dan Warureja. Sementara untuk wilayah Kecamatan Bojong dan Bumijawa ini merupakan wilayah pengembangan kawasan bawang merah.

“Dari hasil kegiatan pengembangan kawasan bawang merah di wilayah Kecamatan Bojong dan Bumijawa ternyata menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Produksi bawang merah di kedua wilayah ini mencapai 17-19 ton per hektar basah pada kondisi iklim basah, dimana pada kondisi iklim basah biasanya produktivitas hanya berkisar antara 12-15 ton per hektar basah” ujar Enthus Susmono. @tik