Lomba Inovasi Masak Ikan, Dharma Wanita Setda Kab. Tegal Juara I - Website Sekretariat Daerah Lomba Inovasi Masak Ikan, Dharma Wanita Setda Kab. Tegal Juara I – Website Sekretariat Daerah

18 April 2017

Posted in Pengumuman
Posted on: April 18th, 2017 Oleh master

Setelah melalui serangkaian penilaian oleh Tim Juri Lomba Inovasi Masak Ikan akhirnya Dharma Wanita Unit Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tegal ditetapkan sebagai Juara I Lomba Inovasi Masak Ikan. Lomba tersebut digelar oleh Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal dalam rangka peringatan Hari Kartini ke 138 Tahun 2017 bertempat di Gedung KORPRI Slawi belum lama ini.

Menurut Ketua Panitia Hari Kartini ke 138, Dra Nur Khasanah, kriteria penilaian terdiri dari Kreatifitas/Inovasi (30%), Cita Rasa (30%), Higienis dan aman konsumsi (15%), Ketrampilan (15%), Penyajian/Penampilan (5%) dan Nilai Gizi (5%). “Hasil penilaian juri lomba masak ikan berturut-turut adalah Juara I DWP Unit Sekretariat Daerah, Juara II Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Wanita Kristen, Juara III dari TP-PKK Kecamatan Talang. Sedangkan Juara Harapan I dari GOW Himpunan Wanita Karya (HWK), juara Harapan II TP-PKK Kec. Warureja dan Juara Harapan III dari TP-PKK Kec. Pagerbarang,” terangnya kemarin.

Bagi para Juara, lanjutnya, selain mendapatkan Piala dan Sertifikat juga mendapatkan hadiah uang pembinaan. Adapun tema Lomba adalah “Ikan Sumber Nutrisi Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan”.

“Lomba dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal, Nurlela Enthus Susmono dan diikuti 35 tim dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tim Penggerak PKK 18 Kecamatan, BUMD, serta Organisasi Wanita yang tergabung dalam GOW antara lain PC Fatayat NU, PC Muslimat NU, Aisyah, IWAPI, Wanita Katholik, Wanita Kristen, Bhayangkari, Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) dan lainnya,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala DKPP Kabupaten Tegal, Ir Toto Subandriyo, MM menyampaikan bahwa ikan dapat menjadi salah satu solusi utama bagi permasalahan gizi di Indonesia. Ikan kaya akan gizi esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan. “Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak omega 3, 6, 9 yang sangat baik manfaatnya untuk tubuh manusia. Kandungan asam amino dan omega 3 nya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan sumber protein lainnya,” ungkap Toto.

Sejalan dengan hal itu, kata Toto, DKPP Kabupaten Tegal telah berupaya untuk terus mendorong peningkatan produksi, pengembangan pengolahan produk perikanan, penyediaan sarana pemasaran yang representatif, mengembangkan sistem logistik dan distribusi ikan yang mampu mendistribusikan ikan dari daerah produsen hingga konsumen.

“Selain itu juga mengembangkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) melalui peningkatan permintaan ikan, penyebarluasan informasi tentang kandungan gizi dan manfaat makan ikan, merubah budaya dan persepsi yang salah tentang ikan dimasyarakat (seperti makan ikan menyebabkan anak cacingan, air susu ibu berbau amis dan korengan dan lain-lain,” pungkasnya

Comments

comments