Bupati Tegal Launching Taman Teknologi Pertanian Lebaksiu - Website Sekretariat Daerah Bupati Tegal Launching Taman Teknologi Pertanian Lebaksiu – Website Sekretariat Daerah

26 April 2017

Posted in Berita Utama
Posted on: April 26th, 2017 Oleh master

Lebaksiu – Bupati Tegal, Enthus Susmono, secara resmi melaunching Taman Teknologi Pertanian (TTP) Lebaksiu Rabu (26/4) yang berlokasi di Dukuh Durensawit, Desa Kesuben Kecamatan Lebaksiu Rabu (26/4). Dalam acara tersebut hadir pula Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BBP2TP) Kementerian Pertanian, Anggota DPRD Kab. Tegal serta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal

Dalam sambutannya Bupati Tegal mengatakan bahwa beliau mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian RI beserta jajarannya, yang telah memberikan perhatian lebih kepada Pemerintah Kabupaten Tegal, khususnya dialokasikannya anggaran pusat untuk pembangunan Taman Teknologi Pertanian yang mulai dibangun sejak  tahun 2015. “Hari ini aset TTP yang sudah dibangun diserahkan secara bertahap kepada Pemerintah Kab. Tegal. Tentunya aset yang bernilai milyaran rupiah ini, kedepan akan kita kelola seoptimal mungkin agar pembangunan pertanian di Kabupaten Tegal hasilnya semakin maksimal” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BBP2TP Kementerian Pertanian RI, Haris Syahbuddin, mengatakan bahwa di Indonesia hanya ada 26 Taman Sains Pertanian (TSP) dan Taman Teknologi Pertanian (TTP).  ”TSP-TTP sebagian besar sudah saya kunjungi. Dilihat dari berbagai sisi, seperti lanskap, tata letak bangunan, tata lahan, maupun aktivitas pertanian yang ada di dalamnya, TTP Lebaksiu, Kabupaten Tegal merupakan yang terbaik,”ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Haris juga menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten Tegal agar TTP Lebaksiu dapat ikut serta mengembangbiakan kerbau bule dari Toraja Sulawesi Selatan. Menurutnya dengan luas 4,5 hektar dinilai sudah cukup untuk mendukung pelestarian hewan tersebut. ”Kerbau bule Toraja merupakan hewan yang cukup populer di Indonesia. TTP Lebaksiu bisa mengembangbiakkan hewan tersebut karena sudah berstandar nasional,”ungkapnya.

Menanggapi saran dari Kepala BBP2TP, Bupati Tegal langsung memerintahkan kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Tegal, Khofifah untuk segera mengontak pemerintah daerah Toraja. ”Saya sudah familiar dengan kerbau bule Toraja. Tanduknya cukup panjang. Pengapit wayang juga biasanya terbuat dari tanduk kerbau tersebut. Saya minta nanti bisa didatangkan satu pasang. Jika hanya satu ekor, bisa kita kawin silangkan dengan kerbau lokal Tegal,”pungkasnya.

 

Comments

comments