Wakil Bupati Tegal Buka Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa - Website Sekretariat Daerah Wakil Bupati Tegal Buka Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa – Website Sekretariat Daerah

3 Mei 2017

Posted in Berita Utama
Posted on: Mei 3rd, 2017 Oleh master

Bertempat di Gedung Muslimat NU Slawi, diselenggarakan Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa dalam bidang Manajemen Pemerintahan Desa Kabupaten Tegal Tahun 2017 (Rabu, 3/5). Acara ini dibuka secara langsung oleh wakil Buati Tegal, Dra. Umi Azizah, di dampingi oleh Oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Prasetyawan, SH, M. Hum.

Kegiatan pelatihan berlangsung selama 5 hari yang dimulai pada hari ini dengan materi tentang peningkatan kualitas tata kelola dan peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa yang diikuti 443 peserta dari 280 desa yang terdiri dari kepala desa dan ketua BPD.

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar peserta bisa memahami dan menghayati tugas masing-masing perangkat desa dalam pelaksaan tugas sehari-harisehingga dapat berkerja secara profesional dalam melayani masyarakat.

Wakil Bupati Tegal dalam sambutannya mengatakan bahwa menurut UU No 6 Tahun 2014, mempunyai peran yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan. “Bahkan bila dicermati, hampir sebagian besar kebijakan bermuara dan tidak akan terlepas dari peran pemerintah desa. Desa merupakan pangkal penting pemerintahan negara” ujarnya

Pemerintah kabupaten Tegal secara terus menerus meningkatkan pembinaan dan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Apalagi sejalan dengan terus meningkatnya dana yang ditransfer kepada desa. “Salah satu hal yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana meningkatkan efektivitas kelembagaan dan kualitas tata kelola pemerintahan desa serta pelayanan masyarakat, meningkatkan kapasitas dan kualitas aparatur pemerintahan desa, serta membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat terhadap informasi penyelenggaraan pemerintahan desa” pungkasnya.

 

Comments

comments