Bupati Resmikan Gedung Rawa Inap Dewaruci dan Launching Program LOAKK di RSUD Suradadi - Website Sekretariat Daerah Bupati Resmikan Gedung Rawa Inap Dewaruci dan Launching Program LOAKK di RSUD Suradadi – Website Sekretariat Daerah

5 Mei 2017

Posted in Berita Utama
Posted on: Mei 5th, 2017 Oleh Administrator

Bupati Tegal meresmikan secara langsung Gedung Rawat inap Kelas III Dewa Ruci RSUD Suradadi pada hari kamis (4/5) yang ditandai dengan pemotongan pita  dan penanaman pohon oleh Bupati Tegal, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala BLH, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dan Plt. Direktur RSUD dr. Soeselo Kabupaten Tegal .

Acara tersebut juga disertai dengan peluncuran program Lair Oleh Akta Karo KK (LOAK) bagi bayi yang baru lahir di rumah sakit ini. Program LOAKK sebelumnya telah diluncurkan di RSUD Soselo yang merupakan salah satu program dari Dinas Dukcapil guna memberikann pelayanan prima kepada masyarakat untuk pencetakan dokumen kelahiran di fasilitas kesehatan milik Pemerintah Kabupaten Tegal.

Pada kesempatan itu, Bupati Tegal “Enthus Susmono” meminta pihak RSUD Suradadi agar tidak menolak pasien dengan alasan ruangan penuh. Hal itu dikarenakan rumah sakit milik daerah itu telah memiliki tambahan ruang kelas III sebanyak 56 tempat tidur. Selain itu, pihak RS juga jangan diskriminasi dalam memberikan layanan kesehatan. ”Perawat harus senyum. Jangan sampai ada lagi aduan masyarakat tentang pelayanan di RSUD Suradadi,” imbuhnya.

“Saya sudah cukup jengah dengan image negatif yang melekat di masyarakat berkaitan dengan layanan fasilitas kesehatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal” ujarnya. Ia juga mengajak kepada pihak RSUD Suradadi harus berubah. “Semua harus bekerja keras, bekerja ikhlas dan profesional dalam melayani pasien agar image RSUD di mata publik semakin membaik” pungkasnya

Sementara itu, Direktur RSUD Suradadi, Joko Wantoro mengatakan bahwa pembangunan Gedung Rawat Inap Dewa Ruci yang menggunakan dana APBN sebesar Rp 8,5 miliar telah selesai pada akhir tahun 2016.  “Gedung itu menampung 56 tempat tidur untuk pasien kelas III. Kendati diperuntukan bagi pasien kelas III, namun fasilitas yang dimiliki untuk kelas I”ujarnya.

Setiap ruangan berisikan empat tempat tidur, dilengkapi AC, dua kamar mandi dan fasilitas lainnya. ”Tidak ada lagi pasien datang ditolak karena kurang tempat tidur, karena saat ini RSUD Suradadi telah memiliki sekitar 120 tempat tidur,” pungkasnya.