Wakil Bupati Tegal Canangkan Kampung KB di Desa Pekiringan Kecamatan Talang - Website Sekretariat Daerah Wakil Bupati Tegal Canangkan Kampung KB di Desa Pekiringan Kecamatan Talang – Website Sekretariat Daerah

9 Mei 2017

Posted in Berita Utama
Posted on: Mei 9th, 2017 Oleh master

Talang – Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Tegal terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB Tingkat Desa dilaksanakan di RW 01 Desa Pekiringan, Kecamatan Talang, yang ditandatangani langsung oleh Wakil Bupati Banyumas Dra. Umi Azizah, Selasa (9/5).
Hadir dalam acara tersebut, AzizahKepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tegal, Drs A. Thosim, MM, Camat Talang, Muspika Talang dan Kepala Desa Se- Kecamatan Talang.
Sebagaimana diketahui Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan Program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga (KKBPK) yang secara utuh dan terintegrasi yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat di tingkat desa/kelurahan dalam upaya mewujudkan keluraga yang berkualitas.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tegal mengatakan bahwa Kampung KB ini juga sebagai suatu gerakan reformasi program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Kampung KB di RW 01 Desa Pekiringan Kecamatan Talang merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif. “ Konsep nya memdukan program KB dengan program pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain-lain” jelasnya.
Berdasarkan hasil survey demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 menunjukan bahwa secara nasional program KB belum menunjukan hasil yang memuaskan. Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) mencapai 1,49 persen sementara Total Fertility Rate (TFR) relatif stagnan di kisaran 2,6.
“Program KKBK di Kabupaten Tegal lebih baik dibandingkan tingkat nasional. TFR 2,17 dan LPP0,72” kata Wakil Bupati. “Sedangkn angka prevalensi penggunaan kontrasepsi sebsear 69,93% dan unmet need 15,29%” lanjutnya.
Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati juga mengharapkan dengan terlaksanya Kampung KB di seluruh wilayah Kabupaten Tegalakan terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera. “potret keluarga ideal keluarga sejahtera adalah saling toleran dan menghormati serta saling berbagi kasih sayang” pungkasnya.