Sekda Kab. Tegal Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat - Website Sekretariat Daerah Sekda Kab. Tegal Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat – Website Sekretariat Daerah

14 Juli 2017

Posted in Berita Utama
Posted on: Juli 14th, 2017 Oleh master

Slawi -Sekda Kabupaten Tegal, dr. Widodo Joko Mulyono, M. Kes, MM, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tegal, dr. Hendadi Setiaji melakukan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) Kamis (13/7). Acara yang dihadiri ratusan pengunjung dari berbagai unsur seperti Pramuka, Oganisasi Wanita, PNS dan masyarakat umum juga menyelenggarakan donor darah dan cek kesehatan gratis bagi para pengunjung seperti cek gula darah, lemak perut dan tekanan darah. Selain itu juga panitia menyediakan buah-buahan dan sayuran yang dibagikan secara gratis bagi pengunjung

Dalam sambutannya Sekda Kab. Tegal mengatakan bahwa jika di era tahun 1990-an, penyebab utama kematian dan kesakitan terbesar adalah penyakit menular seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas, TBC dan diare. “Maka sejak tahun 2010, bergeser pada penyakit yang tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung dan kencing manis” ujarnya.

Sebagaiman yang kita ketahui bersama, bahwa pergeseran jenis penyakit tersebut didorong oleh perubahan pola hidup masyarakat kita yang cenderung tidak aktif secara fisik, seperti menonton televisi atau fenomena dari anak-anak kita atau kalangan generasi muda kita yang lebih banyak menghabiskan waktu bermain handphone sebagai media informasi dan hiburan serta sarana komunikasi lewat media sosial.

“Oleh karena itu, mempraktekkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari untuk diterapkan di lingkungan keluarga dan berkembang di lingkungan masyarakat sekitar” pintanya. “Gerakan badan setiap 2 jam sekali selama 5 menit untuk menjaga kesehatan kita” pesannya.

Adpaun Kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat antara lain melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

 

Comments

comments