Kepala DPMPTSP Jawa Tengah Resmikan Dua Pabrik Di Balapulang - Website Sekretariat Daerah Kepala DPMPTSP Jawa Tengah Resmikan Dua Pabrik Di Balapulang – Website Sekretariat Daerah

13 Oktober 2017

Posted in Berita Utama
Posted on: Oktober 13th, 2017 Oleh master

Balapulang – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, Dr. Prasetyo Aribowo, SH, M.Soc, Sc , yang mewakili Gubernur Jawa Tengah meresmikan dua pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Balapulang No. 60.RT 08 RW 05 Desa BalapulangWetan, Kec.Balapulang, Kabupaten Tegal Kamis (12/10).

Kedua pabrik yang diresmikan adalah PT Sakura Gift Indonesia dan PT. Amarilys Karisma Gemilang. PT. Sakura Gifts Indonesia merupakan bentuk kerja sama antara investor dalam negeri dengan investor luar negeri yang bergerak di bidang industry mainan anak-anak dari Jepang yaitu Fuji Toys Co,.Ltd. yang menjadi supplier mainan anak Bandai Namco Jepangsejak 50 tahun yang lalu. Sedangkan PT. Amarilys Karisma Gemilang dikenal sebagai perusahaan yang menyediakan aneka produksi Mainan Anak, Kemasan Makanan, Peralatan Rumah Tangga dll. Barang – barang produksi ini untuk memenuhi kebutuhan perusahaan lain sebagai cendera mata atau hadiah kepada konsumen mereka.

Sejauh ini keberadaan kedua perusahaan telah dapat menciptakan lapangan kerja di wilayah Balapulang dan sekitarnya. PT. Amarilys Karisma Gemilang yang telah beroperasi sekitar hampir 2 tahun misalnya, telah menampung setidaknya 200 orang tenaga kerja langsung di berbagai posisi. Sedangkan PT. Sakura Gifts Indonesia menurut jajaran Manajemenya apabila dapat berjalan sesuai rencana akan dapat menyediakan sampai 300 lowongan kerja.

Hingga tahun ini nilai investasi yang sudah dilakukan oleh PT. Amarilys Karisma Gemilang mencapai 23,3 milyard rupiah, sedangkan untuk PT. Sakura Gifts Indonesia rencana nilai investasi yang ditanamkan sebesar 13 milyard rupiah.

Gubernur Jawa Tengah dalam Sambutannya yang dibacakan Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah menyampaikan terima kasih kepada kedua perusahaan tersebut yang telah menginvestasikan usahanya di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Tegal. “Selain banyak menyerap tenaga kerja, dibangunnya pabrik ini juga akan menjadi daya dorong bagi perkembangan ekonomi kawasan sekitar pabrik serta tumbuhnya industri penunjang” katanya.

Gubernur juga berpesan kepada manajamen kedua perusahaan tersebut agar bisa memberdayakan masyarakat sekitar pabrik. “Program CSR harus diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar pabrik” pesannya.

Sementara itu, Bupati Tegal yang diwakili oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Tegal, Drs. Edi Siswoyo, SH, dalam sambutannya mengatakan bahwa setidaknya ada dua keuntungan dari masuknya investasi ini. “Pertama, tentu dari sektor pendapatan pajak daerah sebagai penggerak roda pembangunan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat” jelasnya.

Kedua, jika investasi tersebut padat karya, maka akan ada penyerapan tenaga kerja yang tinggi yang berarti angka pengangguran bisa ditekan, disamping akan diikuti pertumbuhan ekonomi lokal lainnya seperti warung, jasa laundry hingga kost-kostan” lanjutnya.

Bupati Tegal juga menyambut baik sekaligus mengucapkan terima kasih dengan diresmikannya kedua perusahaan ini. “Hal tersebut merupakan salah satu indikator meningkatnya kepercayaan rekan-rekan pengusaha dalam menanamkan investasinya di Kabupaten Tegal, dimana ini juga tidak terlepas dari peran semua pihak dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif dan terbuka di wilayah Kabupaten Tegal” pungkasnya.

 

Comments

comments