Sering Kebanjiran, Warga Tembok Lor Audiensi Ke Pjs. Bupati Tegal - Website Sekretariat Daerah Sering Kebanjiran, Warga Tembok Lor Audiensi Ke Pjs. Bupati Tegal – Website Sekretariat Daerah



    Number : +6289607116xxx
    Pesan : Assalamualaikum, slamat sore pak bupati, ini saya warga Kab.Tegal mau menanyakan soal pembuatan E-KTP. Kenapa di Kab.Tegal kok proses pembuatanya lama yah? sampe berhari-hari. Padahal prosedurnya proses pembuatan E-KTP itu 1 hari jadi. Di kota lain pun hanya 1 hari jadi pak. Dan saya dengar pembuatan E-KTP di DISDUKCAPIL ada yg di komersilkan antriannya oleh calo lewat orang dalam dgn estimasi harga Rp.150.000,- s/d Rp.250.000,- proses 3 - 6 hari. Mohon pencerahannya bapak bupati. Terimakasih atas perhatiannya. Wasalamualaikum wr.wb.
    #BALASAN#
    Wa'alaikumsalam wr. wb. Utk wilayah Kabupaten Tegal tidak memungkinan jika sehari jadi krn sarana dan prasarana cetak KTP-el masih sangat bergantung dari pusat (Kemendagri). Pusat sendiri mengirim material cetak berupa blanko KTP-el secara bertahap antara 2.000-7.000 keping per-bulannya. Padahal kebutuhan blanko utk mencetak data KTP-el penduduk di Kab.Tegal yg sdh perekaman (print ready record) saat ini jumlahnya mencapai 140.000 keping. Perihal adanya calo yg memperjualbelikan nomor antrian kami sarankan agar masyarakat laporkan dan foto orangnya bila perlu. Sampaikan ke petugas Disdukcapil, pasti akan ditindak, termasuk jika hal tsb terjadi di kecamatan krn pencetakan KTP-el per 26 Maret 2018 dialihkan ke unit Disdukcapil di Rumah PATEN Kecamatan.

    Number : +6289504879xxx
    Pesan : Maaf sya mau melapor, ibu sya wktu tu sllu dpt beras trz. Tp skrg udh g prnh. Pdhl ibu sy janda. G mampu tp g mndptkn bntuan. Mohon d tindaklnjuti Trima kasih.
    #BALASAN#
    Terimakasih atas informasinya. Bisa kami sampaikan bhw sejak awal tahun 2018 ini, bantuan sosial pangan berupa beras di Kab. Tegal diberikan hanya kepada 81.601 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai rincian data sasaran dari Kementerian Sosial (Kemensos) dmn masing2 KPM tsb mendapat 10 kg beras gratis tanpa biaya tebus. Bila msh ada keluarga yg termasuk kategori miskin tp tdk msk dlm data Kemensos tsb, tetap bisa diajukan dgn mekanisme verifikasi & validasi data lewat musyawarah desa, dibahas bersama kepala desa dgn didampingi petugas Program Keluarga Harapan (PKH) maupun TKSK utk kemudian diusulkan ke Kemensos. Jika disetujui, data sasaran KPM dari Kemensos tsb akan diganti dgn keluarga miskin baru hasil usulan dgn catatan bila data KPM Kemensos tsb ada yg meninggal, pindah atau sdh msk kategori keluarga mampu. Monggo silahkan sampaikan data keluarga ibu panjenengan kpd Kades setempat, agar Kades bisa segera membahas kelayakannya dgn mengundang petugas PKH atau TKSK yg ada di kecamatan utk mengecek kondisinya.

    Number : +6285729898xxx
    Pesan : Maap akhir2 ini di kota tegal byk PL, terutama di karaoke xxx ada seorang PL bermain mesum. tolong dipantau trims.
    #BALASAN#
    Mohon maaf sebelumnya, utk penertiban di wilayah tsb mrp kewenangan Pemkot Tegal. Sementara ini adalah nomor SMS Lapor Bupati Tegal. Monggo panjenengan bisa kirimkan keluhan tsb lewat Halo Pak Walikota Tegal di: 087830476665

    Number : +6285225132xxx
    Pesan : Assalamualaikum pa bupati yg terhormat, saya nuridwan mhn bantuan masalah dana buat perawatan kakang kulo. Niki kulo sampun gawa kakang kulo ke RSI & daftar bpjs, jd saran bapak bupati sudah saya laksakan. Tapi saya bingung pak, karena pihak RSI hny ngasih waktu 3 hari untuk masalah BPJS. 3 hari BPJS belum aktif, berarti dinyatakan pakai umum. Jd saya minta bantuannya. Sekian terimaksih.
    #BALASAN#
    Wa'alaikumsalam. pak Nuridwan, terimakasih atas pengaduan yang disampaikan. Hasil konfirmasi kami dgn BPJS Kesehatan disampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan tsb. Disampaikan pula ketika calon peserta mendaftar BPJS Kesehatan, ada masa tunggunya selama 14 hari untuk keaktifan kartu. Ketika kartu belum aktif maka, tidak bisa dijamin oleh BPJS Kesehatan. Menindaklanjuti ini, monggo panjenengan bisa ajukan permohonan bantuan secara tertulis kpd Bupati Tegal utk dicarikan solusinya. Demikian yg bisa kami sampaikan, semoga panjenengan dan keluarga selalu dalam keadaan sehat. terimakasih

    Number : +6289518751xxx
    Pesan : Asslm. Permisi pa, namaku Arifin. Q mndptkn kartu bpjs gratis smentara q posisi belum berhak. Arahnya mo sy balikin karna yg mmbutuhkn saja msh banyak yg ngantri. Gmn cara yg tepat pa? Mksh.
    #BALASAN#
    Wa'alaikumsalam. Yth. Bapak Arifin, karena panjenengan sudah menerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari Pemerintah & ingin mengembalikan atau beralih menjadi peserta mandiri, bapak bisa melakukan pengunduran diri dari penerima bantuan. Bapak bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk pengurusan pengunduran diri bapak dengan membawa fotocopy kartu keluarga dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga Bapak dan keluarga selalu dalam keadaan sehat dan terima kasih atas perhatiannya. Salam dari BPJS Kesehatan.

    Number : +6285225272xxx
    Pesan : Assalamualaikum pa bupati. Saya meli dri desa traju kec. Bumijawa. Kapan sertifikat yang menjadi program pemerintah dibagikan pa? Sampe sekarang desa traju sertifikat tanahnya belum dibagikan pda warga pa. Mohon konfirmasinya pa. Agar ada kejelasan utk warga. Terima kasih..
    #BALASAN#
    wa'alaikumsalam. Sugeng sonten bu Meli. Pangapunten baru bisa merespon setelah mendapat informasi dari Kepala BPN Slawi. Dapat disampaikan bhw pembagian sertipikat tanah dari Program PTSL/Prona akan dilakukan pd hari Selasa, 27 Maret mendatang sesuai hasil koordinasi BPN Slawi dgn Kanwil Pertanahan di Semarang. Mekaten nggih bu, maturnuwun sdh gunakan SMSLaporBupati ini.

    Number : +6287878591xxx
    Pesan : Pa bupati, mohon bisa diaudit dana bina tani desa * kec.Kramat kab.Tegal. diduga dana bantuan senilai 100 juta dipakai ketuanya. mksih pa.
    #BALASAN#
    Terimakasih atas laporan yg telah disampaikan. Perihal tsb hrs dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Namun sebelumnya, mhn disampaikan informasi identitas panjenengan utk memudahkan proses konfirmasi kami (kerahasiaan pelapor dijamin). Bantuan Rp.100 jt utk msg2 Gapoktan tsb mrp Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP). Sebelumnya terimakasih atas laporan pengaduannya demi terwujudnya transparansi & ketepatan sasaran program.

    Number : +6283837115xxx
    Pesan : As.Wr.Wb. Kulo Bade Taken Mengenai Ktp Eletrik. Saniki Malah Semakin Ribet. Kebanyakan Mboten Pd Ngertos. Nopo Saged Mbantu Masyarakat Supados Gadah Ktp? Terutama Tiang Ingkang Pun Poto Pun Lami. Dari Warga Prupuk Selatan. Maturnuwun
    #BALASAN#
    wa'alaikumsalam. Utk mencetak KTP-el persyaratannya fotocopy KK ber-NIK. Hanya saja, karena jumlah pemohon-nya sangat banyak, diberlakukan sistem nomor antrian. Kalau sudah rekam lama, mhn saged panjenengan sertakan NIK-nya utk kami cek status KTP-el nya apakah sdh jadi atau belum. Atau panjenengan bisa cek sendiri di alamat website ini: http://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_ktp_el

    Number : +6282324346xxx
    Pesan : pa bupati q dh sms capil dg ketik daftar#no.KTP#no.KK, tp kok smp skg lum da balesan. Gimana nih?
    #BALASAN#
    untuk pendaftaran cetak KTP-el dengan sistem SMS sementara sudah kami hentikan. untuk pendaftaran KTP-el sekarang bisa secara langsung setelah panjenengan mendapatkan nomor antrian.

    Number : +6282300108xxx
    Pesan : Assalamualaikum?. Sya Bpk Fatkhulloh, dri harjawinangun. Punya keluhn. Ank sya mau melahirkn. Tpi harus sesar di Rs singkil. Mf, sy menanyakn program dana untk pihak penunggu pasien mash ada?. Trimakash, wassalamualaikum wrwbr.
    #BALASAN#
    Wa'alaikumsalam.. sugeng sonten pak Fatkhullah. Pangapunten sebelumnya, utk program pengganti biaya hidup sebesar Rp.90rb/hari bagi penunggu pasien dari keluarga tdk mampu hny berlaku bagi mrk yg menjalani rawat inap kelas III di RS rujukan spt RSUD dr Soeselo Slawi ataupun RSUD Kariadi Semarang. Adapun penunggu pasien sebelumnya jg hrs mencukupi syarat spt kepemilikan kartu BPJS Kesehatan penerima bantuan iur pemerintah. Mengajukan surat permohonan yg ditujukan kpd Bupati melalui Ka.Dinsos dgn dilampiri copy KTP & KK, surat keterangan rawat pasien & surat keterangan miskin dari Kades. Bantuan biaya hidup penunggu pasien tsb diberikan sesuai jumlah hari perawatan atau maksimal 14 hari.


20 Maret 2018

Posted in Berita Utama
Posted on: Maret 20th, 2018 Oleh master
Dilihat

SLAWI – Sering terjadi kebanjiran ketika musim penghujan tiba, warga Desa Tembok Lor Kecamatan Adiwerna meminta audiensi dengan Pjs. Bupati Tegal guna meminta solusi agar bencana banjir tidak kembali menimpa desanya. 10 orang perwakilan dari warga Desa Tembok Lor diterima Pjs. Bupati Tegal, Sinoeng N Rachmadi, di ruang kerjanya Selasa (20/3) setelah sebelumnya telah mengirim surat permohonan secara tertulis tertanggal 15 maret 2018.

Dalam audiensi tersebut, warga mengadukan tentang kondisi kali jembangan yang melintasi desa ini mengalami pendangkalan sungai atau sedimentasi. Hal ini disebabkan karena banyaknya sampah dan lumpur yang mengendap. Selain itu, warga juga melaporkan bahwa ada bangunan liar yang berdiri di atas aliran sungai yang mengakibatkan aliran air tersumbat jika debit air meningkat di musim penghujan sehingga meluap ke pemukiman warga.

Darwoko, warga RT. 1 RW.2 Desa Tembok Lor mengatakan bahwa banjir yang terjadi di wilayahnya diakibatkan oleh pendangkalan dan bangunan liar berupa warung makan yang berdiri di atasnya. Dirinya bersama-sama warga yang hadir meminta agar Pemkab Tegal dapat melakukan pengerukan kali jembangan sehingga aliran air sungai kembali lancar. Terkait dengan bangunan liar yang berdiri di atasnya, warga meminta kepada Pemkab Tegal agar dapat menertibkannya.

Selain mengadukan penyebab terjadinya bencana banjir di desaya, Darnoko juga melaporkan dampak yang terjadi setelah banjir yang mengakibatkan banyaknya timbunan sampah dan genangan air sehingga menyebabkan penyebaran bibit penyakit. “banyak nyamuk yang menyebabkan anak-anak terkena demam” lapornya.

Sementara itu, Pjs. Bupati Tegal yang didampingi oleh Kepala Dinas Dinas Pemukiman Tata Ruang dan Pertanahan (Perkimtaru)Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan jajaran Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal mengatakan pihaknya siap merespon aduan warga ini. Dirinya bahkan mendisposisikan surat aduan tersebut di depan perwakilan warga Desa Tembok Lor meminta kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) untuk melakukan pengecekan ke lapangan apakah benar bangunan di atas sungai tersebut sudah memiliki izin atau belum.  Dalam disposisi tersebut, Sinoeng juga meminta kepada instansi terkait agar melakukan koordinasi bersama DPU, BPBD, Satpol PP, Camat, Kepala Desa terkait serta tokoh masyarakat di Desa Tembok lor.

Pada kesempatan tersebut Sinoeng menyampaikan bahwa sebenarnya bangunan di atas sungai merupakan hanya salah satu penyebab terjadinya bencana banjir. Namun penyebab yang lainnya adalah karena adanya timbunan sampah yang tersumbat akibat bangunan tersebut sehingga menyebabkan aliran air menjadi tidak lancar dan pendangkalan. Oleh karena itu dirinya menghimbau kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan. “Jangan buang sampah di sungai” himbau Mantan Kepala Biro Humas Pemprov Jawa Tengah tersebut.

Terkait dengan pengerukan kali jembangan yang mengalami sedimentasi, Pihak DPU menyampaikan bahwa instasninya belum menganggarkan dana untuk kegiatan pengerukan kali jembangan. Selain itu alokasi untuk pengerukan sungai  ini bukan menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten melainkan kewenangan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, Sinoeng meminta kepada DPU untuk segera melakukan koordinasi dengan Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah untuk mendapatkan informasi kapan pelaksanaan pengerukan dilaksanakan. “Cari tau kapan pelaksanaan pengerukan dilaksanakan” perintah Sinoeng kepada DPU.

 

 

Comments

comments